Darul Arqam, Siswa Kelas 1&2 SD Mudatu Bagikan 500 Takjil Gratis

(Potret siswa kelas 1&2 ketika membagikan takjil pada masyarakat sekitar)

SD Muhammadiyah 21 Surabaya, atau dikenal dengan SD Mudatu mengadakan kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) untuk siswa-siswi kelas 1&2 pada Senin (3 April 2023). Ditengah kegiatan Darul Arqam tersebut, siswa kelas 1&2 peserta DAD membagikan 500 takjil gratis kepada masyarakat sekitar sekolah. 

Kegiatan darul arqam biasanya hanya dilakukan oleh siswa kelas 5&6 dengan sistem mabit (menginap di sekolah). Namun untuk tahun ini, kegiatan darul arqam sudah dikenalkan kepada siswa kelas 1&2. Kegiatan yang di mulai ba'da ashar hingga ba'da shalat tarawih tersebut diikuti oleh 175 siswa. Masing-masing siswa tersebut membawa nasi dan minum untuk bekal buka bersama di sekolah dan juga untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar.

Koordinator sosial, Devi Falachiyah I, S.Pd.I menyampaikan bahwa antusias siswa dan juga wali murid dalam kegiatan DAD tersebut sangat luar biasa, hal tersebut terbukti dengan banyaknya makanan dan minuman yang terkumpul untuk kegiatan berbagi takjil.

"Kami menghimbau siswa agar membawa satu nasi + minum untuk kegiatan berbagi takjil, namun ternyata hampir setiap siswa membawa lebih dari satu nasi + minum. Ada yang membawa dua, bahkan tiga. Alhamdulillah semangat berbaginya sangat luar biasa," tutur guru kelas 5 Sakura tersebut.

Selain itu, suksesnya acara darul arqam tersebut juga tidak lepas dari support dan bantuan dari IKWAM kelas 1&2. Para pengurus IKWAM membantu jalannya acara mulai dari awal hingga akhir dengan menyiapkan takjil untuk berbuka puasa anak-anak kelas 1&2, serta tambahan takjil untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar. 

Kaur ISMUBA, sekaligus ketua panitia DAD, Tusi Indriasti, S.Pd.I menyampaikan rasa terimakasihnya kepada para pengurus IKWAM karena telah ikut andil dalam menyukseskan kegiatan DAD kelas 1&2.

"Alhamdulillah, terimakasih kepada mama-mama pengurus IKWAM kelas 1&2 yang dengan penuh semangat membantu suksesnya acara ini mulai dari awal hingga akhir. Mulai dari menyiapkan takjil untuk anak-anak, menyiapkan nasi dan jajan untuk dibagikan kepada masyarakat, bahkan ikut dalam proses pembagian takjil. Semoga Allah SWT melimpahkan keberkahan dan pahalanya untuk panjenengan semuanya," tutur Tusi dengan doa baiknya. 

(Para pengurus IKWAM yang ikut dalam proses pembagian takjil)

Berkat antusiasme dan kekompakan yang baik antara wali kelas, siswa, wali murid, dan pegurus IKWAM, maka pada pukul 16.30 WIB telah terkumpul 500 takjil, baik berupa nasi, kue, dan minuman yang siap dibagikan kepada masyarakat sekitar sekolah.

Kegiatan berbagi takjil tersebut dimulai pukul 17.00 WIB. Setiap kelas mengutus dua orang siswanya untuk ikut berbagi takjil, sedangkan siswa yang lain tetap mengikuti kegiatan Darul Arqam yang sedang berlangsung. Total ada 12 siswa yang ikut membagikan takjil-takjil tersebut. Tidak menunggu waktu lama, 500 takjil tersebut berhasil dibagikan dalam waktu 20 menit.

Ditanya mengenai perasaannya setelah ikut kegiatan berbagi Takjil, Raya, perwakilan siswa dari kelas 2 Melati mengaku senang.

"Aku senang bisa ikut bagi-bagi. Tadi berbaginya bergantian dengan teman-temanku, orang yang ku kasih bilang terimakasih," ucapnya dengan rasa bangga. 

Semoga rasa senang berbagi dan jiwa sosial yang tinggi dapat terus dimiliki oleh siswa-siswi SD Muhammadiyah 21, dan kelak bisa menjadi insan yang berguna bagi sesama. Aamiiin yaa Rabbal 'Aalamiiin...



Penulis : Devi Falachiyah I, S.Pd.I

              ( Guru kelas 5 SD Mudatu )

0 Komentar