Beginilah Serunya Rangkaian Acara HUT RI Ke-77 di SD Muhammadiyah 21 Surabaya



SD Muhammadiyah 21 Surabaya memperingati HUT RI ke-77 dengan serangkaian acara perlombaan yang dimulai pada hari Kamis (11/08/2022) hingga Rabu (17/08/2022).

Rangkaian acara peringatan HUT RI-77 tersebut dimulai dengan lomba mobil remot, lomba sepak bola contong, dan lomba tarik tambang yang dilaksanakan di hari Kamis (11/08/2022), mulai pukul 07.00 – 11.30 WIB di halaman sekolah. Perlombaan tersebut diikuti oleh semua siswa kelas 1 sampai kelas 6. 

Di hari kedua, yakni pada Jum’at (12/08/2022) diadakan lomba khusus guru & karyawan SD Muhammadiyah 21. Lomba yang digelar yaitu lomba bola sarung, nyunggi tempeh, dan tarik tambang. Suasana halaman sekolah sangat ramai dan semarak. Seluruh siswa menjadi suporter dan memberikan semangat kepada para ustadz/ustadzah yang sedang berlomba. 

“Ayo… ayo… ayo… semangat us….,” teriak para siswa saat menyaksikan ustadz/ustadzahnya lomba Tarik tambang. Banyak juga yang meneriakkan nama wali kelasnya masing-masing untuk memberikan semangat.

Pada hari ketiga perlombaan, yakni di hari Sabtu (13/08/2022), seluruh siswa mengikuti lomba Tahfidz, Menyanyi lagu “17 Agustus”, serta Pildacil dengan tema kemerdekaan. Setiap siswa memilih satu jenis lomba yang ingin diikuti. Perlombaan digelar di kelas masing-masing dan wali kelas serta guru al islamnya berperan menjadi juri. Pada setiap kategori lomba dipilih 2 siswa terbaik dari masing-masing kelas, dan nantinya mereka akan mengikuti final di hari Selasa (16/08/2022).

Tidak selesai sampai disitu, rangkaian acara peringatan HUT RI ke-77 masih dilanjutkan di hari Senin (15/08/2022). Pada hari itu, lomba yang diadakan yaitu lomba memasukkan paku dalam botol, balap karung, nyunggi tempeh, balap kelereng, dan estafet bendera. Seluruh siswa masih sangat antusias dalam mengikuti lomba. Begitu juga dengan ustad/ustadzahnya yang tak kalah semangat memberikan semangat untuk para anak didiknya.

Di hari terakhir, Selasa (16/08/2022) diadakan final lomba Tahfidz, Menyanyi lagu “17 Agustus”, serta Pildacil dengan tema kemerdekaan. Final lomba menyanyi diadakan di halaman sekolah, sehingga para siswa bisa menyaksikan teman-temannya yang mengikuti final. Sorak soraipun bergema saat siswa menjagokan temannya masing-masing. 

Pukul 10.00 WIB rangkaian acara perlombaan dalam peringatan HUT RI ke-77 telah selesai dilakukan. Panitia segera melakukan pembagian hadiah kepada para pemenang lomba-lomba. Satu per satu para pemenang lomba naik keatas panggung untuk menerima hadiah.

Ketua tim juara 3 lomba sepak bola contong, Hamzah dari kelas 5 Sakura mengaku senang karena ia dan teman-temannya bisa menjadi juara, meskipun berada di juara 3. Dia tetap merasa bangga karena bisa mengalahkan beberapa tim dari kelas lain.

“senang, walau dapat juara 3, yang penting tetap menang dan dapat hadiah, hahahaha….”  Ungkap Hamzah.

Tidak hanya para siswa yang merasa senang, para wali muridpun mengaku ikut senang melihat berbagai lomba yang diikuti oleh putra/putri mereka di sekolah. Mereka mengaku bisa merasa ikut menikmati perlombaan dari foto ataupun video yang dikirim oleh wali kelas masing-masing di grup WA kelas. Bahkan beberapa wali murid meminta agar di perayaan kemerdekaan Indonesia tahun depan diadakan lomba untuk para orang tua siswa.

“Wah, seru kali ustdazah lomba-lombanya, apalagi saat lomba tarik tambang guru. Kalau bisa tahun depan diadakan lomba untuk orang tua us,” komentar salah satu wali murid, Mama Cirani.

Ketua Panitia, ustadz Syaikhul mengaku senang dengan respon dan semangat para wali murid. Beliau menyampaikan bahwa mudah-mudahan tahun depan perayaan HUT RI di SD Muhammadiyah 21 bisa lebih menarik dan meriah lagi.


Penulis : Devi Falachiyah I, S.Pd.I



0 Komentar